Bab I Pendahuluan



BAB I
PENDAHULUAN







1.1.Latar Belakang

Setiap siswa lulusan SMK dituntut untuk mempunyai suatu
keahlian dan siap kerja Karena lulusan SMK biasanya belum diakui oleh
pihak dunia usaha/ industri.oleh karena itu diadakan suatu program
Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yaitu dengan melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) agar setiap siswa lulusan SMK mempunyai suatu pengalaman dalam dunia usaha sebelum memasuki duania usaha tersebut secara nyata setelah lulus sekolah.

Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, pola penyelenggaraan di SMK belum secara tegas dapat menghasilkan tamatan sebagaimana yang diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi pembelajaran yang belum kondusif untuk menghasilkan tenaga kerja yang professional, karena keahlian professional seseorang tidak semata-mata diukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan teknik bekerja, tetapi harus dilengkapi dengan penguasaan kiat (arts) bekerja yang baik. Ada dua pihak yaitu lembaga pendidikan dan lapangan kerja (industri/ perusahaan atau instansi tertentu) yang secara bersama-sama menyelenggarakan suatu program keahlian kejuruan. Dengan demikian kedua belah pihak seharusnya terlibat dan bertangguang jawab mulai dari tahap perencanaan program, tahap penyelenggaraan, sampai penilaian dan penentuan kelulusan siswa.










1.2. Tujuan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN)

Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah merupakan suatu system
pemelajaran yang dilakukan diluar Proses Belajar Mengajar dan
dilaksanakan pada perusahaan/industri atau instansi yang relevan.
Secara umum pelaksanaan program Praktek Kerja Industri ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dibidang teknologi, penyesuaian diri dengan situasi yang sebenarnya, mengumpulkan informasi dan menulis laporan yang berkaitan langsung dengan tujuan khusus. Setelah siswa melaksanakan program Praktek Kerja Industri secara khusus siswa diharapkan memperoleh pengalaman yang mencakup tinjauan tentang perusahaan, dan kegiatan-kegiatan praktek yang berhubungan langsung dengan teknologi. Dan mempersiapkan para siswa/siswi untuk belajar bekerja secara mandiri, bekerja dalam suatu tim dan mengembangkan potensi dan keahlian sesuai dengan minat dan bakat masing-masing
Penyelenggaraan praktik kerja industri (PRAKERIN) bertujuan :

1.      bagi siswa:

a.       Mempunyai pengalaman kerja dilapangan kerja sebagai bekal dirinya untuk kehidupan masa depan
b.      Mempunyai keterampilan/kompetensi tertentu bagi siswa disamping pengetahuan/keterampilan yang diberikan disekolah
c.       Membentuk etos,sikap,budaya kerja bagi siswa disamping pengetahuan/keterampilan yang diberikan sekolah
d.      Merupakan peran aktif DU/DI pada peningkatan kualitas SDM dalam mencerdaskan kehidupan bangsa
e.       Meminimalisasikan pengeluaran dana untuk pendidikan dan pelatihan karyawan tingkat menengah
f.       Memupuk sikap pro aktif dan mengambil peran dalam setiap penyelesaian permasalahan di bidang teknologi informatika





2.      Bagi industri:

a.       Dapat mengurangi biaya operasional
b.      Dapat memilih/merekrut tenaga kerjayang dibutuhkan sesuai ketentuan
c.       Mendapatkan informasi atas masukan teknologi yang berasal dari sekolah
d.      Merupakan peran aktif dalam meningkatkan kualitas SDM dalam mencerdastak kehidupan bangsa
e.       Meminimalkan pengeluaran dana pendidikan dan pelatihan karyawan tingkat menengah



1.3. Tujuan pembuatan laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN)

Tujuan dari pembuatan laporan ini adalah agar para siswa dapat
melatih jiwa mandiri, berani, tanggung jawab serta disiplin. Selain itu
juga dapat mengkaji ilmu terapan di Lapangan dengan sekolah. Adapun
isi laporan yang harus disusun para siswa adalah hasil kegiatan selama
PRAKERIN. Tujuan dari pembuatan laporan tersebut antara lain adalah :

1.      Untuk mengetahui perkembangan siswa selama mengikuti Praktek Kerja Industri.
2.      Sebagai pertanggung jawaban atas tugas yang diberikan Sekolah kepada para siswa sehubungan dengan pelaksanaan PRAKERIN.
3.      Menambah perbendaharaan perpustakaan Sekolah dan sebagai pengetahuan bagi siswa angkatan selanjutnya.
4.      Sebagai latihan bagi siswa dalam membuat sebuah laporan kegiatan.
5.      Sebagai bukti bahwa siswa telah melakukan praktek yang di lakukan di DUDI (Dunia Industri).
6.      Sebagai syarat mengikuti Ujian Nasional. Untuk mengetahui perkembangan siswa selama mngikuti praktek di dunia usaha/industry







1.4. TEKNIK PENYUSUNAN LAPORAN  ANTARA LAIN:


1.SUBJEKTIF
Subjektif adalah teknik penyusunan laporan dengan proses sendiri pada penelitian yang ada di lingkungan sekitarnya.

2.KOLEKTIF
Kolektif  adalah teknik penyusunan laporan dengan cara diskusi atau tanya jawab dengan karyawan nya.

 3.OBSERVASI

Observasi adalah teknik penyusunan laporan dengan cara mengamati sendiri.

0 Response to "Bab I Pendahuluan"

Post a Comment